Tentang Ilmu Pemerintahan

Apa itu Ilmu Pemerintahan?

Program studi Ilmu Pemerintahan mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan organisasi publik, diantaranya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi dalam menjalankan fungsi negara, yang diatur dalam undang-undang. Disini kamu akan memahami tugas-tugas administrasi, manajemen, dan organisasi pada badan-badan publik. Kamu juga akan dibekali dengan skill public speaking, negosiasi, dan pengetahuan politik.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Kalau kamu tertarik untuk terjun ke dunia politik dan pemerintahan, program studi ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Pemerintahan Indonesia yang masih sangat dinamis dan menjunjung tinggi demokrasi masih membutuhkan orang-orang yang sangat memahami ilmu pemerintahan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Pemerintahan

Profesi yang diutamakan bagi para lulusan prodi Ilmu Pemerintahan biasanya terkait dengan birokrasi dan administrasi pemerintahan. Lulusan prodi ini dapat berkarir sebagai aparat pemerintahan pusat maupun daerah, staf atau anggota legislatif, dan anggota partai politik. Lulusan Ilmu Pemerintahan juga dapat terjun sebagai konsultan atau pengamat politik dan pemerintahan, menjadi aktivis di berbagai LSM dan Ormas, bahkan tidak tertutup kemungkinan untuk menjadi jurnalis politik.

Visi

 

Menjadi program studi ilmu pemerintahan yang unggul,berbudaya, bermartabat, dan rahmatan lila’alamin.

 

Misi

 

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, terutama dalam bidang pemerintahan.Mencetak tenaga profesional dalam bidang pemerintahanyang memiliki komitmen terhadap keunggulan prestasi akademik, agama dan budaya masyarakat demokratis. Memberikan landasan moral dalam pengembangan ilmu sosial dan ilmu politik khususnya ilmu pemerintahanMelakukan pengkajian kritis terhadap kebijakan pemerintah dan pengembangan teori-teori pemerintah. Mengembangkan teknologi dalam sistem .